Game Battle Royale Fortnite Bermasalah

Posted by Blogger Palembang on 04 August, 2021 | ...

Game Battle Royale Fortnite Bermasalah

Game Battle Royale Fortnite Bermasalah

Game merupakan media hiburan yang disukai banyak orang, baik anak muda sampai orang tua. Salah satu game yang sedang tenar saat ini yaitu Game battle royale Fortnite yang dibuat oleh Epic Games.

Dalam permainan game tersebut, pemain diharuskan untuk menghancurkan subuah bangunan yang mirip dengan kabah. Hal ini dipantau oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia yaitu Sandiaga Salahuddin Uno.

Menurut Sandiaga Uno, permainan game tersebut termasuk penghinaan karena ikon yang mirip kabah wajib dihancurkan oleh pemain game tersebut. Permainan game tersebut mengandung pembelajaran yang kurang baik, khususnya kepada anak-anak.

Dengan sikap tegas, Sandiaga Uno segera menginstrusikan jejeran Kemenparekraf untuk mengkaji, sekaligus memblokir game Fortnite agar tidak merusak mental anak-anak.

Selain itu game Fortnite secara langsung juga bertentangan dengan nilai-nilai luhur, khususnya keagamaan.

Permainan itu pun dinilainya dapat memicu perilaku tidak menghormati antar umat beragama, mendorong aksi kekerasan dan berpotensi penistaan agama.

Lima kali sehari minimal kita menghadap Kabah, dari mana pun kita di dunia untuk menunaikan salat wajib atau salat sunnah," ungkap Sandiaga Uno dalam keterangan resminya.

"Saya diberitahu ada ikon yang dinilai mirip Kabah, dan pemain harus menghancurkannya untuk mendapatkan senjata baru dan naik ke level berikutnya,” terangnya.

Kabah, ditegaskan Sandiaga Uno merupakan tempat suci bagi seluruh umat muslim di dunia. Oleh karena itu, dirinya mengaku sepakat dengan fatwa yang diterbitkan Pusat Fatwa Elektronik Universitas Al Azhar Kairo, yakni larangan bagi umat muslim untuk tidak memainkan game Fortnite.

Alasannya karena permainan tersebut telah menciderai umat muslim dan berpotensi memengaruhi kepercayaan serta mental kalangan muda.

"Oleh karena itu kami akan menginstruksikan kepada tim untuk mengkaji dan segera mengeluarkan larangan. Kami juga ingin memberikan peringatan kepada beberapa pengembang permainan untuk berhati-hati," ungkap Sandiaga Uno.

Pengembang Fortinet Membantah

Pengembang Fortnite membantah kabar yang menyebut game tersebut mengajak pemain menghancurkan Kabah.

Bantahan dilayangkan setelah Direktur Al-Azhar International Center untuk e-Fatwa Osama Al-Hadidy mengecam munculnya gambar mirip Kabah yang dapat dihancurkan di game Fortnite.

Tim Fortnite di Epic Games mengklarifikasi melalui laman Facebook. Mereka mengidentifikasi kemunculan gambar mirip Kabah yang beredar dalam screenshot.

Menurut mereka, gambar mirip Kabah itu adalah hasil modifikasi dalam game oleh pemain yang memakai "Creative mode" atau "mode kreatif" Fortnite.

Untuk klarifikasi dari Tim Fortnite saat ini masih di kaji ulang, kalau memang benar game tersebut hanya mode kreatif dari pengguna game, kemungkinan game Fortnite akan aman dari pemblokiran.

Featured Post
  • Mi Fans Sekarang Bisa Membeli Produk Xiaomi Dan POCO Dari Rumah
  • Handphone OPPO Reno6 Series 5G Sudah Beredar
  • Game Battle Royale Fortnite Bermasalah
  • Suara Lebih Nyata LG TONE Free FP9 Dan FP8
Copyright 2021 Blogger Palembang