Waktu Yang Tepat Anak Laki-Laki Sunat

Posted by Blogger Palembang on 15 January, 2022 | ...

Waktu Yang Tepat Anak Laki-Laki Sunat

Waktu Yang Tepat Anak Laki-Laki Sunat

Umumnya, sunat pada anak lelaki dilaksanakan mendekati umur akil baligh. Walaupun demikian tidak ada umur tentu kapan saat seorang anak lelaki disunat.

Dokter specialist bedah umum dari Kampus Hasanuddin, dr. Asrul Muhadi, Sp.B merekomendasikan anak lelaki seharusnya telah jalani sirkumsisi atau sunat saat bayi.

"Tanda-tanda sunat saat ini tidak harus menanti anak berumur tujuh tahun. Terbaik semenjak lahir," tutur ia dalam seminar-online beberapa saat.

Walaupun demikian, menurut Asrul, anjuran ini dapat bergantung pada beberapa hal, misalkan jika berdasar pada agama Islam, umumnya umur mendekati akil balig atau cukup usia yaitu umur tujuh tahun.

"Namun pada beberapa literatur, dapat semenjak lahir. Ini lebih baik," katanya memperjelas kembali.

Hal seirama diutarakan Founder Rumah Sunat dr. Mahdian, dr. Mahdian Nur Nasution, Sp.BS. Menurutnya, sunat saat bayi memungkinkannya cedera bisa lebih cepat sembuh dan tidak memunculkan trauma anak terutamanya pada jarum suntik pada sistem bius yang memakai jarum suntik.

"Selainnya bisa lebih cepat pulih karena jika dilaksanakan pada umur sekolah contoh SD, anak telah ingat hingga bisa mengakibatkan fobia," papar ia.

Mahdian memiliki pendapat, pada periode wabah COVID-19 sekarang ini beberapa orang yang ketakutan sekali saat divaksinasi biasanya karena fobia jarum suntik karena pembiusan memakai jarum suntik pada proses sunat.

"Umumnya saat kecil pernah disuntik takut . Maka ada imbas psikis yang kita jauhi, ada jalan keluar yaitu sunat tanpa jarum suntik," katanya.

Faedah Sunat

Sirkumsisi atau sunat perlakuan pembuangan dari beberapa atau semua kulup penis dengan arah tertentu diantaranya agama, budaya dan factor kesehatan. Salah satunya tanda-tanda klinis perlakuan ini yaitu fimosis atau ujung kulum tutup dan keadaan ini masuk kelompok genting untuk selekasnya dilaksanakan perluasan preposium lalu dilaksanakan sirkumsisi.

Tanda-tanda yang lain yaitu abnormalitas kongenital yang rawan pada berlangsungnya infeksi aliran kencing (ISK), radang pada glans penis dan ISK dibarengi demam.

Beberapa dokter setuju sunat mempunyai faedah untuk anak diantaranya lebih kecil terserang infeksi aliran kemih (ISK). Anak tidak disunat dapat memiliki resiko terserang ISK semakin besar 3-10 kali dibanding mereka yang disunat pada tahun awal kehidupan.

Disamping itu, resiko kanker penis bertambah pada pria yang tidak disirkumsisi ditambah lagi dengan hygiene yang jelek dan peristiwa balanopostitis atau infeksi pada glans penis semakin tinggi pada pria yang tidak disirkumsisi yaitu 3-10 %.

Faedah yang lain sunat yakni resiko terjangkit HIV menyusut sampai 70 % pada pria yang disirkumsisi. Sunat turunkan resiko berlangsungnya penyakit yang disebarkan secara seksual.

Tags :
Featured Post
Copyright 2021 Blogger Palembang - Cantik - HariAsia - Type Approval Indonesia